Tips Menghemat Gaji Untuk 1 Bulan

Kadang banyak orang terlena waktu tanggal gajian. Mereka sering tidak mempertimbangkan financial. Oleh karena itu sebelum jatuh tempo gajian lagi banyak yang uangnya sudah habis, dan parahnya mereka tidak paham betul untuk apa uang tersebut. Maka dari itu diperlukan pengetahuan financial supaya anda dapat berhenti melakukan pemborosan yang tidak perlu. Bahkan orang kaya sekalipun jika tidak mempunyai pengetahuan financial mereka akan bisa jatuh miskin. Jadi mari simak beberapa Tips Menghemat Gaji Untuk 1 Bulan

1. membuat anggaran belanja
Ini merupakan langkah awal anda dalam mencegah pemborosan. Karena jika anda membuat anggaran belanja maka akan ketahuan dalam hal apa anda mengalami pemborosan. Catat semua pengeluaran secara rutin, itu termasuk pengeluaran untuk hobi, makan diluar ataupun membayar hutang. Juga anda perlu melakukan peninjauan selama 3 bulan terakhir. Sebaiknya jika anda telah membuat anggaran belanja, maka saatnya mengkritisi anggaran belanja tersebut. Belanjalah sesuai realistis kemampuan anda. Berhentilah membeli barang yang tidak perlu.

2. buatlah rekening bank
Ini juga merupakan salah satu langkah jitu agar anda bias melakukan penghematan semaksimal mungkin. Buatlah dua rekening bank, satu untuk pembayaran bulanan missal bayar keperluar listrik ataupun air, tagihan rumah dll. Dan yang satunya untuk menabung, usahakan anda mencari bank yang seminimal mungkin biaya administrasinya dan mempunyai sedikit mesin atm. Maka dari itu usahakan jika membeli barang bayarlah dengan tunai.

3. lunasi utang dan cicilan
Mulailah lunasin semua utang anda. Namun jangan langsung melunasi utang tersebut dengan sekali bayar, lebih baik dicicil sedikit demi sedikit. Karena jika uang anda hanya untuk membayar utang anda yang menumpuk maka anda bisa kehabisan dana untuk kedepannya. Maka bijaklah dalam finansial, sebab jika tidak maka anda akan susah untuk mengatur uang.

4. catat
Catatlah semua pemasukan dan pengeluaran. Ini berguna agar anda bisa mengingat apakah jika suatu saat anda membeli barang akan bermanfaat tidak untuk kedepannya. Soalnya jika kemungkinan barang tersebut tidak terlalu bermanfaat untuk anda kedepannya maka lebih baik anda tidak membeli barang tersebut karena bisa terjadi pemborosan untuk finansial anda.

5. berhentilah hidup konsumtif
Jika anda tipe orang yang konsumtif maka sebaiknya anda menghentikan gaya hidup tersebut. Karena jika realitasnya kemampuan anda tidak setara dengan gaya hidup anda maka bisa dipastikan anda akan mencoba mencari utang untuk mencukupi kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu bermanfaat untuk kehidupan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *