Tips Menghilangkan Bau Sepatu

Tips menghilangkan bau sepatu secara alami dapat menggunakan beberapa bantuan bahan dapur seperti kopi, teh, koran ataupun bahan lain yang cukup mudah untuk kalian dapatkan. Bukan rahasia lagi kalau sepatu sebagaisalah satu hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari hari.

Bagi kalian yang punya masalah bau sepatu seperti bau busuk menusuk hidung, tentu merasa tidak nyaman dan kurang pede. Terlebih bila ada acara perkumpulan, rapat agenda kerja atau pertemuan antar sesama teman sekolah, kuliah dan acara syukuran di rumah teman atau tetangga. Karena acaranya digelar di lantai di atas tikar dan tidak sopan bila tidak melepas sepatu, maka bagi kalian tentu akan merasa tidak enak karena bau sepatu yang melekat di kaki atau di kaos kaki. Orang pun akan terganggu dan merasa tidak nyaman dengan bau busuk tersebut.

Hal tersebut dapat terjadi akibat produksi kelenjar keringat di kaki di mana satu kaki manusia mampu memproduksi keringat 568 ml keringat dalam sehari. Kumpulan keringat yang terdiri dari air dan garam tersebut kemudian dimakan oleh bakteri di kulit dan bakteri menghasilkan kotoran yang berbau menyengat yang kemudian menggumpal di kaos kaki, kaki dan sepatu. Maka jangan heran sepatu, kaki dan kaos kaki akan bau menyengat ketika dibuka.

Bau pada sepatu, selain merusakk rasa percaya diri, pasti juga akan berpengaruh terhadap bau kaki yang tidak sedap. Sepatu yang bau tantu juga akan membuat kaki menjadi ikut bau juga. Selain mengatasi bau dari sepatu, kalian juga perlu mengetahui tentang bagaimana cara mengatasi bau kaki karena bau pada kaki tidak hanya timbul karena sepatu yang bau juga. Bagaimana tentang cara menghilangkan bau pada kaki? Bisa kalian baca di Tips Praktis dan Mudah Mengatasi Bau Kaki Menyengat Berikut ada beberapa cara menghilangkan bau tidak sedap di sepatu.

1. Cara menghilangkan bau sepatu dengan baking Soda

Caranya: taburkan baking soda ke dalam sepatu di malam hari. Baking soda berfungsi menghilangkan bau termasuk bau sepatu.

2. Ganti pemakaian sepatu dan kaos kaki
Jangan biarkan memakai kaos kaki atau sepatu lebih dari dua hingga tiga hari. Usahakan punya sepatu dan kaos kaki cadangan. Ketika sudah dipakai dua hari, maka sepatu seperti sepatu sport dan kets serta kaos kaki dibersihkan, dicuci dan dijemur, dan Sobat memakai sepatu dan kaos kaki lain. Bila sepatu tidak bisa dicuci seperti sepatu kulit atau pantofel untuk kerja, cukup dijemur agar kering dan baunya hilang.

3. Segarkan Sepatu
Caranya: sehabis memakai sepatu sepulang kerja, sekolah, kuliah atau bepergian, usahakan diletakkan di posisi yang banyak angin atau cukup cahaya matahari. Usahakan sepatu dibuka dan bila ada talinya, maka dilepas agar udara dan cahaya panas matahari masuk dan berhasil mengusir bau. Terlebih sepatu basah dan lembab, maka sebaiknya dikeringkan dan dijemur jangan dipakai dulu agar tidak baud an menjadi sarang kuman dan bakteri.

4. Jangan lupa memakai kaos kaki setiap kali memakai sepatu.

Ada sebagian orang cenderung merasa nyaman memakai sepatu tanpa kaos kaki. Hal tersebut harus diubah dan harus memakai kaos kaki untuk membantu menyerap keringat dan menghambat pertumbuhan bakteri dalam sepatu Sobat.

5. Gunakan pelembab, wewangian dengan cara dismeprotkan ke dalam sepatu.

6. Rutin dan rajin merawat kaki.
Bila pulang sekolah, maka kaki harus langsung dibasuh, disabuni dan dicuci bersih agar kuman-kuman tidak terus menempel.

7. Usahakan melap atau mengeringkan kaki yang basah sebelum memakai sepatu.

Jangan sekali-sekali memakai sepatu ketika kondisi kaki sedang basah dan lembab.

Tips-Menghilangkan-Bau-Sepatu-Pewangi-Freshlab

Demikian beberapa tips dari kami tentang cara menghilangkan bau sepatu secara mudah daan praktis. Semoga artikel ini bermanfaat jangan lupa share, salam freshlab 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *