Tips Merawat Sweater yang Benar

Sweater adalah pakaian yang baik untuk menghangatkan tubuh, apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini. Selain itu, sweater juga adalah sebuah fashion item yang masih selalu keren. Masalahnya, kebanyakan sweater terpaksa harus digantung saja di dalam lemari saat musim kemarau datang. Dan kecenderungannya, sweater mudah sekali kusut dan memudar dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.
Untuk itu diperlukan perawatan khusus agar sweater Anda tetap kelihatan baru hingga tiba musim hujan berikutnya. Adapun beberapa cara merawat sweater yang benar adalah:


1. JANGAN GANTUNG SWEATER ANDA
Serat-serat sweater dapat melar secara perlahan-lahan jika digantung. Gravitasi dapat membuat bagian leher, lengan dan pundak sweater melebar. Jadi jangan kaget jika pada saat dipakai sweater Anda jadi kelihatan kebesaran. Itulah kenapa sweater sebaiknya dilipat dan tidak digantungkan. Lebih baik lagi jika sweater disimpan di dalam kotak kardus atau kayu yang dapat menghindarkannya dari ngengat, tapi tetap ada perputaran udara di dalamnya. Ini akan mempertahankan ukuran dan warna sweater Anda.

2. SEBAIKNYA SIMPAN DALAM KOTAK KAYU BERBAHAN CEDAR
Kebanyakan sweater terbuat dari wol. Dan seperti yang kita ketahui, wol adalah makanan favorit bagi ngengat. Itulah kenapa sweater sebaiknya disimpan di dalam kotak kayu dari bahan cedar.Karena sweater memang membutuhkan perawatan khusus, sebaiknya pisahkan kotak penyimpanannya dari lemari baju Anda.

3. SEGERA PERBAIKI SEGALA KERUSAKAN PADA SWEATER
Pola rangkaian benang pada sweater bisa dibilang sangat ringkih. Sebuah lubang kecil saja pada sweater Anda bisa menjadi besar dan pada akhir membuat sweater tidak layak pakai lagi. Untuk itu, sebaiknya perbaiki segala kerusakan minor pada sweater Anda sesegera mungkin. Kancing yang longgar atau robek yang kecil bisa menjadi masalah besar bagi sweater Anda jika dibiarkan. Jika ada kerusakan minor pada sweater Anda, jangan ragu untuk segera memperbaikinya dengan benang tambahan.

4. CUCI SWEATER SEPERLUNYA SAJA
Sama halnya dengan jeans, sweater tidak sebaiknya dicuci setiap kali Anda hendak memakainya. Maka dari itu, sangat disarankan bagi Anda untuk tidak mengenakan sweater langsung tanpa pakaian pelapis di dalamnya. Kenakan dulu kemeja atau baju kaos yang menyerap agar keringat tidak langsung menempel pada sweater Anda. Ini akan memudahkan Anda untuk mempertahankan sweater tidak cepat bau.

5. JANGAN GUNAKAN MESIN CUCI
Khusus untuk sweater, sebaiknya Anda cuci langsung dengan tangan atau gunakan jasa dry clean di laundry kepercayaan Anda. Sangat tidak disarankan untuk mencuci sweater dengan mesin cuci karena selain dapat membuat rangkaian benang sweater menjadi kusut, juga dapat membuat ukurannya menyusut. Jika kesalahan ini terjadi, maka Anda harus segera mengatakan selamat tinggal pada sweater Anda.

sekian tips yang bisa kami berikan semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *