Tips Sukses Merintis Bisnis Saat Kuliah

Banyak sekali mahasiswa yang sudah mulai merambah dunia bisnis di berbagai bidang. Bahkan banyak sekali pebisnis yang mencapai kesuksesan di usia muda karena bisnis yang dirintisnya sejak di bangku kuliah. Dari hal tersebut dapat disimpulkan, bahwa siapapun dapat menjadi seorang pebisnis sukses, tidak terbatas pada usia ataupun gender. Bagi mahasiswa yang sedang mulai merintis bisnis sembari berkuliah, jangan pernah ragu untuk terus mengembangkan bisnis Anda. Berikut akan dibahas beberapa tips sukses merintis usaha sambil berkuliah

1.Membangun mental entrepreneur
Langkah pertama yang penting dalam memulai bisnis adalah membangun mental entrepreneur dalam diri Anda. Meskipun masih duduk di bangku kuliah, jangan jadikan hal tersebut hambatan untuk memulai usaha. Justru jadikan semangat usia muda tersebut pemicu untuk terus belajar dan menggali ilmu mengenai bisnis yang Anda tekuni. Ilmu mengenai bisnis pun dapat diperoleh dari mana saja, mengingat saat ini juyga sudah banyak sekali media untuk belajar berbisnis.

2.Tentukan peluang bisnis yang sesuai dengan modal yang dimiliki
Langkah berikutnya adalah menemukan peluang bisnis dan sesuaikan dengan modal yang dimiliki. Untuk dapat mencapai kesuksesan dalam berbisnis sebenarnya tidak harus memulai dengan ide-ide bisnis yang rumit dan membutuhkan modal besar. Ada kalanya bisnis yang sukses bermula dari gagasan sederhana di sekitar kita. modal disini juga tidak semata-mata modal materi saja, namun juga modal skill, modal passion, waktu luang dan sebagainya.

3.Bijak dalam membagi waktu
Kendala terbesar berbisnis bagi mahasiswa adalah dalam hal membagi waktu. Kasus yang seringkali terjadi adalah mahasiswa yang tidak dapat membagi waktu antara kuliah dengan berbisnis, sehingga yang terjadi adalah bisnisnya berkembang namun kuliah terbengkalai. Hal yang semacam ini harus diantisipasi. Jangan sampai karena berbisnis, Anda melupakan kewajiban utama Anda sebagai seorang mahasiswa. Pisahkan waktu antara belajar, bisnis dan kegiatan kampus lainnya. Jika Anda dapat membagi waktu secara seimbang, maka bisnis dan kuliah Anda pun dapat berjalan secara beriringan.

4.Aktif berpromosi di lingkungan sekitar
Untuk memulai mengembangkan bisnis, Anda dapat mulai berpromosi di lingkungan sekitar Anda, baik lingkungan kampus maupun rumah atau kos-kosan Anda. Anda juga dapat memanfaatkan teknologi internet untuk membantu promosi, misalnya dengan menggunakan situs jejaring sosial.

5.Action
Ketika segala persiapan bisnis dan kemampuan Anda sudah siap, maka mulailah action. Jangan pernah ragu dan menunda-nunda untuk memulai bisnis Anda sendiri. Selamat berbisnis!

Silahkan Share Dan Semoga Bermanfaat, salam sukses salam freshlab 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *