Trik Jitu Hadapi Konsumen Yang Cerewet

Jangan dikira cuma anak kecil yang bisa rewel karena konsumen atau klien pun ada yang rewel dan sangat menyebalkan. Kamu-kamu yang punya bisnis atau usaha sendiri pasti sudah tidak asing lagi dengan konsumen atau klien yang rewel.

Harus Tetap Sabar?

Sabar, itulah biasanya yang sering disarankan oleh banyak orang saat menghadapi konsumen yang menjengkelkan, banyak menuntut, tidak konsisten dan lain sebagainya. Alasannya, tanpa konsumen atau klien maka bisnis akan lebih sulit untuk dijalankan.

Bisnis tanpa konsumen atau klien memang akan sulit untuk terus bertahan dan hal ini memang harus kamu sadari sebagai pemilik usaha pebisnis. Bersabar saat menghadapi mereka memang suka tak suka harus kita lakukan agar bisnis yang kamu miliki bisa terus berjalan dengan baik.

Hadapi Mereka dengan Cara Ini!
Agar bisa tetap sabar saat menghadapi mereka, kamu harus tahu banyak tentang strategi dan siasat yang akan kamu pakai saat melayani konsumen atau klien. Mirip dengan menghadapi peperangan, kamu juga harus tahu tipe konsumen apa yang akan kamu hadapi. Berikut adalah beberapa tipe klien yang masuk kategori rewel lengkap dengan cara menghadapinya.

1. Si Pemarah
Sikap yang kurang bersahabat sejak awal sering ditunjukkan oleh konsumen tipe yang satu ini. Wajah ditekuk ditambah lagi raut yang kurang bersahabat juga sering ditunjukkan oleh para konsumen tipe ini. Mereka sulit diajak kerjasama dan kesalahan sekecil apapun bisa memancing amarah mereka.

Hadapi konsumen seperti ini dengan kesabaran ekstra. Usahakan untuk tidak memotong sedikit ucapannya. Tunggu sampai jeda atau ia selesai bicara, baru giliran kamu bicara. Jelaskan dengan kalimat yang mudah dimengerti dan nada yang bersahabat.

2. Si Pencari Kesalahan
Konsumen rewel tipe yang satu ini senang sekali membanding bandingkan produk atau jasa yang kamu tawarkan dengan produk atau jasa dari perusahaan lain. Mereka juga mampu menemukan kesalahan dari bisnis yang kamu jalani walaupun kesalahan itu sangat kecil dan memakai kesalahan tersebut untuk menekan bisnis yang kamu miliki.

Jangan biarkan tipe konsumen yang satu ini menekan dan membuat manajemen keuangan bisnis menjadi berantakan. Hadapi mereka dengan menerangkan produk atau jasa yang Anda miliki dengan penuh kehati-hatian. Kenali produk yang akan kamu tawarkan dengan baik karena semakin mengenal produk tersebut, kamu punya senjata ampuh untuk memenangkan argumentasi dengan konsumen tipe ini.

3. Si Super Cerewet
Konsumen seperti ini biasanya banyak maunya dan tidak pernah puas. Dikasih satu ia akan minta dua, diberi diskon 20%, ia akan minta diskon 50%. Jika dibiarkan, konsumen seperti ini bisa membuat kamu sangat stres. Jangan sepelekan stres karena selain tidak sesuai dengan gaya hidup sehat, stres juga bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Lagi-lagi sabar harus kamu tunjukkan kepada konsumen tipe ini. Tapi sabar saja tidak cukup. Cobalah menjadi penasihat terbaik sehingga perlahan-lahan kamu bisa lebih dekat secara emosional dengan mereka. Permintaan mereka juga harus dihadapi dengan bijak dengan mengungkapkan apa keuntungan yang mereka dapat jika membeli produk atau jasa yang bisnis kamu tawarkan.

Sekian terimakasih sudah membacanya, semoga bermanfaat. Salam freshlab, pewangi laundry terpercaya by Simply Fresh 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *